Pentingnya Pembelajaran Matematika di SD

Pentingnya Pembelajaran Matematika

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Menurut KBBI, matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Menurut James dan James (Rahmah, 2018) matematika merupakan ilmu yang berkaitan tentang logika tentang bentuk, susunan, besaran serta konsep-konsep yang saling terhubung satu sama lain.

Susanto (2013) menyatakan bahwa pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi matematika. Berdasarkan beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa sehingga dapat mengkontruksi pengetahuan atau ide baru sehingga dapat diimplementasikan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-sehari.

Menurut Rohartati (2017) pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar merupakan salah satu hal yang menarik untuk dikaji disebabkan adanya perbedaan karakteristik antara hakikat peserta didik dengan hakikat matematika. Hakikat matematika bersifat abstrak, sedangkan karakteristik peserta didik di tingkat Sekolah Dasar menurut Teori Piaget kemampuan berpikirnya masih berada di tahap operasional konkret.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 tentang standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah menyatakan bahwa pembelajaran Matematika di Sekolah dasar adalah untuk membekali siswa dengan beberapa keterampilan berikut ini:

  • Memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan antar konsep dan menerapkan konsep atau algoritma secara fleksibel, akurat, efisen dalam memecahkan suatu masalah.
  • Menggunakan  penalaran  pada  pola dan sifat, melakukan  manipulasi matematis untuk menggeneralisasikan, membangun bukti dan  menjelaskan  ide  dan  penyataan  matematika.
  • Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan kemampuan dalam memahami masalah, merancang  model  matematika, menyelesaikan model  dan menginterpretasikan solusi  yang  diperoleh.
  • Mengkomunikasika ide menggunakan simbol, diagram, tabel, atau media lainnya untuk menjelaskan suatu  masalah.
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan seperti memiliki rasa ingin tahu, kepedulian dan minat belajar matematika serta tekad dan  keyakinan  dalam memecahkan masalah.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dinyatakan  bahwa tujuan pembelajaran matematika tidak lain adalah untuk mempermudah memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab  itu dalam proses pembelajarannya sebaiknya dikaitkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pasinggi & Thuken (2019) menyatakan bahwa tujuan pendidikan matematika dapat terlaksana dengan optimal jika pembelajaran dikaitkan dengan konteks kehidupan nyata siswa, seperti memanfaatkan benda-benda konkret yang dapat diotak atik oleh siswa serta lingkungan sekitar yang terkait dengan mata pelajaran matematika  sesuai dengan kehidupan  nyata.

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting. Oleh karena itu, matematika diajarkan mulai dari jenjang SD sampai dengan perguruan tinggi (minimal sebagai mata kuliah umum). Sampai saat ini matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu masuk dalam daftar mata pelajaran yang diujikan secara nasional, mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Bagi siswa selain untuk menunjang dan mengembangkan ilmu-ilmu lainnya, Matematika juga diperlukan untuk bekal terjun dan bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Russeffendi (2006:208) kegunaan matematika adalah sebagai berikut :

  • dengan belajar matematika kita mampu berhitung dan mampu melakukan perhitungan-perhitungan lainnya.
  • matematika merupakan persyaratan untuk beberapa mata pelajaran lainnya.        
  • dengan belajar matematika perhitungan menjadi lebih sederhana dan praktis.
  • dengan belajar matematika diharapkan kita mampu menjadi manusia yang berpikir logis, kritis, tekun, bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan persoalan.

Uraian di atas menunjukkan bahwa matematika itu sangat penting, tetapi banyak yang  beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk diajarkan dan dipelajari. Hal ini selaras dengan pendapat yang dikemukakan oleh Cockroft (dalam Wahyudin, 2001:2) bahwa "Mathematics is a difficult subject both to teach and to learn."

Salah satu materi yang sulit untuk dipahami siswa kelas IV SD adalah penyelesaian soal cerita tentang FPB dan KPK padahal materi tersebut merupakan konsep yang mutlak harus dikuasai oleh siswa di SD karena materi tersebut berkaitan langsung dengan kehidupan nyata siswa. Sehubungan dengan itu, maka hendaknya metematika diajarkan melalui berbagai masalah yang ada disekitar siswa dengan memperhatikan usia dan pengalaman yang mungkin dimiliki siswa serta mengupayakan tingkat keterlibatan siswa secara optimal dalam pembelajaran. Hal tersebut sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Piaget tentang perkembangan intelektual anak yang menggambarkan tentang kontruksi pembentukan pengetahuan, bahwa perkembangan intelektual ini adalah suatu proses dimana anak secara aktif membangun pemahamannya dari hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya.  Implikasi dari teori Piaget ini adalah agar siswa berhasil dalam mempelajari sesuatu khususnya matematika sehingga siswa tersebut harus berinisiatif dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

Realita di atas menunujukkan bahwa untuk belajar matematika khususnya di SD siswa hendaknya melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru. Keterlibatan siswa tersebut dapat diupayakan jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan benda-benda konkret yang dikenal siswa di lingkungannya sehingga menunjukkan adanya tantangan bagi siswa untuk memecahkannya.

Berdasarkan pendapat di atas, maka disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran matematika sangat penting untuk mengembangkan pengetahuan dan melatih kemampuan berpikir logis siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan.

Comments

Follow Us

Total Pengunjung